Anti Turunan (integral tak tentu)

ANTI TURUNAN (INTEGRAL TAK-TENTU)
Jika saya mengenakan sepatu saya, saya dapat melepaskannya lagi. operasi yang kedua menghapuskan yang pertama, mengembalikan sepatu pada posisinya yang semula. kita katakan dua operasi tersebut adalah operasi balikan (inverse). matematika mempunyai banyak pasangan operasi balikan seperti: penambahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian, pemangkatan dan penarikan akar, serta penarikan logaritma dan perhitungan logaritma.
Anti Turunan (integral tak tentu)
#anti turunan_calculus-1


TEOREMA A
(Aturan pangkat). jika r adalah sebarang bilangan rasional kecuali -1, maka
xrdx = xr + 1r + 1 + C
Contoh: 
cari anti turunan dari f(x) = x43
=>x4 ⁄ 3dx = X33 + 4373 + C = 37X73 + C

TEOREMA B
sinx dx =  − cosx + C
cosxdx = sinx + C

TEOREMA C
(i) (x) dx = kf(x)dx
(ii) [f(x) + g(x)]dx = f(x)dx + g(x)dx
(iii)[f(x) − g(x)]dx = f(x)dx − g(x)dx

contoh:
  • (3x2 + 4x)dx
3x2dx + 4xdx
3x2dx+4xdx
3(x33 + C1) + 4(x22 + C2)
=x3 +2x2 + (3C1 + 4C2
=x3 + 2x2 + C
  • u3 ⁄ 2 − 3u + 14)du = u3 ⁄ 2 − 3udu + 141du
 = 25u5 ⁄ 2 − 32u + 14u + C
  • 1t2 + tdt = (t − 2 + t1 ⁄ 2)dt = t − 2dt + t1 ⁄ 2dt
 = t − 1 − 1 + t3 ⁄ 232 + C
 =  − 1t + 23t3 ⁄ 2 + C
  • TEORREMA D
    [g(x)]rg’(x)dx = [g(x)]r + 1r + 1 + C
    contoh:
    • (x4 + 3x)30(4x3 + 3)dx
 = [g(x)]30g’(x)dx
 = [g(x)]3131 + C
 = (x4 + 3x)3131 + C
Nah, untuk latihan teman-teman di rumah, berikut saya kasih contoh soal untuk latihannya..oke..
  1. f(x) = 4
  2. f(x)2x − 4
  3. f(x) = 3x2 + 2
  4. f(x) = 5x4 + Π
  5. f(x) = x2 ⁄ 3
good luck...! selamat mengerjakan..!
BACA JUGA...Contoh soal dan pembahasan integral tak tentu (substitusi)...!

8 Responses to "Anti Turunan (integral tak tentu)"

  1. masih bingung bro,- angkat tangan ini mah wkwk

    ReplyDelete
  2. Aduh agak Pusing saya Gan maklun Orang Pinggiran

    ReplyDelete
  3. Aduh agak Pusing saya Gan maklun Orang Pinggiran

    ReplyDelete
  4. coba berikan contoh realnya dalam perhitungan integral

    ReplyDelete
  5. wah,,, blum nyampe gan. kalkulus itu apa?

    ReplyDelete
  6. ane kalau soal itung-itungann
    kepala ane pusing gann XD

    ReplyDelete

Monggo Berkomentar dengan Tertib,.!