Istilah-Istilah penting dalam teknik kimia (part-1)

Istilah-Istilah penting dalam teknik kimia (part-1)
The Young Engineering--Di dalam teknik kimia (Chemical Engineering) banyak sekali istilah-istilah yang di gunakan dan yang terutama adalah istilah-istilah asing, yang sulit di mengerti. Oleh karenanya di perlukan panduan. Dan hampir setiap buku-buku teknik kimia mengandung banyak istilah-istilah asing, baik itu buku dalam versi Indonesia apalagi yang versi aslinya alias versi original (bahasa asing).
Hingga di buatlah sebuah kamus, tapi untuk kamus di dalam dunia engineer kimia baik perminyakan, pertambangan , gas dan petrokimia proses. semuanya dalam versi inggris, jadi berbeda sekali dengan kamus Indonesia-Inggris, karena istilah-istilah ini di terjemahkan dalam bentuk penjabaran bukan perkata. Oleh karenanya saya akan membahas istilah-istilah yang di anggap sering muncul baik di saat duduk di bangku perkuliahan ataupun yang sudah terjun langsung ke dunia industri. Sekali lagi ini penting, karena ini akan menyangkut alat-alat proses yang di gunakan di dalam dunia industri.
Oke langsung saja, di simak baik-baik:

Absolute Temperatur: Suhu pengukuran awal dengan angka nol adalah mutlak (Total ketiadaan panas).
Absolute Viscosity: Ukuran keengganan/resistansi suatu fluida untuk mengalir. Hal ini didefinisikan sebagai viskositas kinematik fluida dikalikan
oleh densitas.
Absolute Volume: Volume padat menempati suatu ruang/wadah ketika ditambahkan ke cairan
dibagi dengan berat. m3 / kg atau gal / lb.
Absolute Zero: titik nol pada skala suhu mutlak; sama dengan
Absorb: Terisinya sebagian atau seluruh ruang pori.
Absorber or Contactor: (1) Peralatan di unit peminadahan gas asam dimana terjadi reaksi netralisasi gas asam yang dicapai dengan menggunakan amina atau karbonat. (2) Berbentuk vertikal atau tegak, bejana silinder yang lebih berat (untuk rantai karbon yang panjang karena memakan waktu lama) hidrokarbon dari campuran hidrokarbon ringan.
Accumulation (Reservoir): Sebuah kuantitas ekonomi hidrokarbon yg terperangkap dalam lapisan batu permeabel.
Accumulator: Perangkat penyimpanan untuk cairan hidrolik nitrogen bertekanan, yang digunakan dalam operasi pencegahan ledakan.
Accumulator Precharge: Muatan nitrogen awal pada akumulator BOP yang ditempatkan sebelum cairan dipompa ke dalam untuk mengisi akumulator.
Accumulator (Pressure Control Device): Logam kecil cairan hidrolik, ukuran tekanan dengan tutup gas nitrogen dengan tekanan yang cukup dan volume untuk mengoperasikan semua rams pada BOP dalam hal aliran tenaga ke BOP.
Accumulator (Processing Plant): Sebuah bejana yang menerima dan menyimpan sementara cairan yang digunakan dalam bahan baku atau pengolahan aliran umpan di sebuah pabrik gas atau fasilitas pengolahan lainnya.
Accuracy: Nilai yang mendekati antara nilai yang terukur dan nilai yang tepat.

Baca juga:
Belajar Konversi Satuan (atm, mmhg, Torr, lb/in, kPa, bar)
Pembahasan soal Pengantar teknik kimia
Belajar Konversi Temperature dengan mudah


Sumber: Dictionary of Oil, Gas, and Petrochemical Processing

4 Responses to "Istilah-Istilah penting dalam teknik kimia (part-1)"

Monggo Berkomentar dengan Tertib,.!