Materi Fisika Dasar-1 Gerak Relatif

GERAK RELATIF
Materi Fisika Dasar-1 Gerak Relatif

Yaitu Kecepatan benda yang terukur (terlihat) oleh pengamat bergantung tidak hanya pada gerak benda, tetapi pada gerak si pengamat itu sendiri.
        Oleh sebab itu,  gerak suatu benda hanya berarti jika dipandang terhadap kerangka acuan tertentu. Tidak ada gerayang mutlak, semua gerak bersifat relatif. Contohnyaseorang penumpang kereta api yang sedang duduk di dalakereta api yang bergerak meninggalkan stasiun dapat dikatakan diam bila kerangka acuannyadalakereta api.  Akan tetapi, penumpang yang sedang duduk itu justru dikatakan bergerak jika kerangka acuannyadalah stasiun.


Contoh GeraRelatif

•  Sebuah kereta api bergerak dengan kelajuan
70 km/jam. Seorang penumpang melemparkan benda dengan kelajuan 15 km/jamTentukan kelajuan benda terhadap orang (pengamatyang diam di tepi rel kereta, jika arah
lemparan:
1. searah gerak kereta
2. berlawanan dengan arah gerak

Penyelesaian

Orang yang diam di tepi rel kereta kita pilih sebagai kerangka acuan s dan kereta api sebagai kerangka acuan s’ yang bergerak dengan kelajuan v= 70 km/jam relatif terhadap s.

1. Gerak benda searah gerak kereta api ux’ = 15 km/jam

kelajuan benda relatif terhadap orang yang diam
di tepi rel kereta:
ux   = ux’  + v
       = 15  +  70 
        = 85 km/jam
2. Gerak berlawanan arah dengan gerak kereta api
ux’  = -15 km/jam
kelajuan benda relatif terhadap orang yang diam di tepi rel kereta:
ux   = ux’  + v
     = -15 + 70
     = 55 km/jam

Contoh lain: GeraRelatif
1. Kecepatan air mengalir di sungai adalah 3 km/jamBila kecepatan perahmelaju dalam sungai adalah 8 km/jam, relatif terhadap air sungai, berapa kecepataperahu terhadap seorang pengamat yandiam ditepi sungai :

a.Bila perahu bergerak melawan arus
8  3 = 5 km/jam                      
b.Bila perahu bergerak searadengaarus?
8 + 3 11 km/jam

2. Pesawat terbang dengan laju 500 km/jam kearah timur, sedangkan angin meniup dan bergerak kearah selatadengan kecepatan 90 km/jam. Tentukan laju dan arah kecepatan pesawat relatif  terhadap bumi? Coba anda selesaikan!!!

3 Responses to "Materi Fisika Dasar-1 Gerak Relatif "

Monggo Berkomentar dengan Tertib,.!